Sabtu, 23 Juni 2012

Daftar Kartun yang Tidak Layak Untuk Ditonton oleh Anak-anak (Kontroversial)

Sering kali kita menyaksikan acara yang diperuntukkan bagi anak-anak yaitu film kartun di TV ataupun situs-situs video seperti Youtube. Namun, tidak jarang juga kita temui film kartun yang diperuntukkan untuk dewasa. Awalnya mungkin film kartun diciptakan untuk menghibur dan dinikmati oleh anak-anak. Namun dengan semakin canggihnya teknologi, tak jarang para animator kartun membuat film kartun yang mengandung unsur SARA dan kekerasan. Film kartun tersebut mungkin diperuntukkan untuk dewasa, tetapi bukan untuk anak-anak. Sebab film kartun yang berbau unsur kekerasan dan kekejaman dapat mengganggu dan merusak jiwa serta mental anak-anak di jaman sekarang ini.

Oleh karena itu, saya memposting artikel ini sebagai bahan pelajaran bagi kita semua untuk menjaga dan mengawasi film kartun yang sering kita dan juga anak-anak anda tonton. Siapa tau didalam film kartun yang ditontonnya ada unsur-unsur kekerasan sehingga film kartun tersebut tidak layak ditonton bagi anak-anak? Tanpa banyak berbasa-basi lagi, Berikut daftar beberapa film kartun yang tidak layak di tonton oleh anak-anak karena mengandung unsur SARA dan kekerasan, seperti yang telah saya kutip dari beberapa sumber di Internet.



1. Tom & Jerry


Anda pasti sudah pernah nonton Tom and jerry, Tom and Jerry adalah sebuah serial animasi Amerika Serikat hasil produksi MGM yang bercerita tentang sepasang kucing (Tom) dan tikus (Jerry) yang selalu bertengkar. Mungkin bagi orang orang lucu jika melihat aksi Tom yang selalu di kerjai oleh jerry dengan beribu akalnya, namun di balik itu banyak juga kekerasan yg ditayangkan contohnya Tom menghajar jerry menggunakan kapak, jerry menembak Tom menggunakan senapan, dll.

2. Happy Tree Friends


Meskipun tidak ditayangkan di TV Happy tree friends ada di youtube, dan jika anda pertama kali melihat tayangan ini mungkin anda akan berpikir bahwa ini hanyalah kartun komedi biasa namun setelah anda menonton pasti anda akan menemukan berbagai aksi sadis, namun ironisnya banyak anak anak yang menonton acara ini.

3. The Simpsons


Meskipun tidak terlalu sadis, namun banyak juga adegan kasar dan sadis di acara ini, seperti Homer mencekik bart, lalu Homer yang selalu berbicara kotor, dan Bart yang bermain skateboard bugil. Karena hal itu banyak juga yang mencontoh hal yang diperlihatkan pada acara ini. Di Indonesia film ini masih tergolong aman walaupun waktu dulu jam tayangnya sempat dipindahkan menjadi malam hari (jam² orang dewasa). Berbeda dengan di Russia. Film kartun The Simpsons justru dilarang diputar di negara tersebut. Hal ini dikarenakan aktivis HAM dan anggota partai oposisi pimpinan Garry Kasparov, Lev Ponomarev mensinyalir bahwa The Simpsons telah melanggar hak anak² dan tidak membentuk sifat patriotisme. Lev menyebutkan : "Keinginan untuk membentuk saluran patriotisme anak muda merupakan salah satu upaya oleh otoritas untuk mendoktrin dan mencuci otak kaum muda."

4. Crayon Shinchan


Mungkin acara ini sudah sering ditayangkan di TV namun seringkali kita melihat aksi kasar acara ini contohnya ketika misae menghajar sinchan hingga benjol, lalu sinchan menggoda wanita, sinchan juga sering mempertontonkan auratnya pada orang lain. Karena hal itu banyak orang orang yang meniru kenakalan bocah ini dan acara ini dianggap acara dewasa.

5. Family Guy


Family Guy adalah film seri kartun televisi yang berasal dari Amerika Serikat. Diciptakan oleh Seth MacFarlane, serial ini menceritakan tentang keluarga Griffin yang terdiri dari Peter, Lois, anak-anak mereka Chris, Meg dan Stewie dan seekor anjing yang dapat berbicara bernama Brian. Seth MacFarlane juga menyuarai Peter, Stewie dan Brian. Karena lelucon-leluconnya dianggap kontroversial, serial ini dilarang diputar di berbagai negara seperti Albania, Filipina, Israel, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Tiongkok dan Taiwan.

6. South Park


South Park adalah sebuah serial televisi kartun dari Amerika Serikat yang diciptakan dan ditulis oleh Matt Stone dan Trey Parker. Diedarkan dan ditayangkan oleh Comedy Central sejak 1997, seri ini menceritakan pengalaman empat anak Sekolah Dasar yang tinggal di suatu kota kecil di South Park, Colorado. Salah satu episodenya, berjudul Best Friends Forever, meraih Penghargaan Emmy pada tahun 2005 dalam kategori Program Animasi Terbaik. Namun kartun ini kebanyakan mengandung kata-kata kasar. Banyak hal yang kontroversial dari film ini tentunya. Berbagai toilet jokes, ras dan sentilan agama semua di campuradukkan di film ini. Sampai-sampai MTV Mexico memutuskan untuk tidak menayangkan sebuah episode South Park karena di episode Pinewood Derby ada yang menggambarkan presiden Mexico (Felipe Calderon) merupakan seorang pemimpin yang gemar menghambur-hamburkan uang. Dan hal itu membuat masyarakat internasional menjadi jengkel.

7. Bernard Bear


Bernard digambarkan sebagai beruang yang tidak sempurna. Dia seekor beruang kutub yang tidak mempunyai rambut (jangan tanya mengapa itu terjadi!--tulis pembuat kredit karakter), primitif, egois, tidak peka, pembuat masalah, atau bahkan penemu (jenis baru) kekacauan itu sendiri! Pada setiap serinya, Bernard yang primitif dikisahkan selalu tertarik pada hal-hal baru. Entah itu bidang olahraga, musik, atau jenis-jenis profesi seperti wartawan, koki, atau tukang bangunan, dan lain-lain. Berangkat dari ketertarikannya, Bernard menjajal segala peralatan yang berkaitan dengan bidang yang menarik minatnya. Misalnya olahraga paralayang. Bernard menjajal mengenakan parasut, kacamata, dan perlengkapan lainnya, lalu mencoba terbang. Sayang, temperamennya yang buruk menyebabkan nasibnya melulu berakhir sial. Nasib sialnya Bernard inilah yang memancing tawa siapa pun yang menonton. Termasuk anak kecil. Nah, itu yang mengkhawatirkan.

8. Pokemon


Serial dan Film kartun Pokemon, menuai kritik dari beberapa kaum Yahudi, Kristiani dan Muslim. Para Kristiani lebih peduli pada keseluruhan film. Pokemon lebih mengarah kepada ilmu gaib dan tema kekerasan sesuai dengan konsep Pokemon Evolution (yang sebagian berhubungan dengan teori evolusi), yang disebutkan untuk melawan kitab injil dalam sejarah yang juga merupakan kepercayaan mayoritas masyarakat Jepang yang sudah melekat untuk tidak mempercayai ajaran Kristen. Di tahun 1999 komunitas HAM Yahudi (Anti-Defamation League) menekan Nintendo untuk meng-edit image Pokemon Trading Cards untuk tokoh Golbat dan Ditto karena kartu tersebut menggambarkan left-facing Manji, yang diartikan sebagai Anti-Semitism. Saudi Arabia melarang game card Pokemon dan mensinyalir bahwa franchise tersebut mempromosikan paham Zionis yang mendoktrin orang² agar image kekerasan selalu dilekatkan kepada Muslim.

9. Spongebob Squarepants

 spongebob head

Anehnya film Sponge Bob Square Pants tayang bebas di jam² pagi ketika anak kecil baru bangun tidur dan jam-jam sehabis mandi sore di Indonesia. Padahal di Amerika sendiri sebuah badan yang bernama Focus on the Family menuduh pembuat film tersebut bahwa karakter-karakter dan prilaku yang ditampilkan di film Sponge Bob Square Pants merupakan bentuk promosi perilaku homoseksual dan termasuk kedalam pro-homoseksual. Namun Stephen Hillenburg (pembuat karakter) membantah dan menyebutkan kalau dia membuat karakter yang "almost asexual". Di Youtube sendiri banyak orang meng-upload dan membuktikan adegan² di film Sponge Bob Square Pants yang mengarah ke gaynisasi.

10. Aladdin


Salah satu bagian dari lagu pembuka "Arabian Nights" menuai protes dari American-Arab Anti-Discrimination Committee (ADC). Pada bulan Juli 1993 liriknya dirubah dari : "Where they cut off your ear if they don't like your face, It's barbaric, but hey, it's home," menjadi : "Where it's flat and immense and the heat its intense, its barbaric, but hey, it's home.". Protes juga merajuk pada adegan konversasi saat Aladdin diserang harimau bernama Rajah di sebuah balkon, Aladdin dengan pengucapan yang cepat mengucapkan : "Come on...good kitty, take off and go..." namun yang terdengar adalah "Good teenagers, take off your clothes" dan hal tersebut dianggap sebagai referensi terselubung untuk mengajak persetubuhan. Karena kontroversi tersebut, Disney akhirnya menambahkan kata "Down kitty" pada rilisan DVDnya.

11. Coal Black and De Sebben Dwarfs


Coal Black and de Sebben Dwarfs terkenal dengan nama buruknya dan masuk ke dalam one of the 'censored eleven' : eleven Schlesinger/Warner Bros. Plesetan dari film kartun Snow White ini dibuat pada jaman keemasan animasi Hollywood dan berlandaskan humor rasis yang tak menyenangkan dan pengguna stereotype ikon kulit hitam. Karena dulu film ini dibuat di Amerika selama Perang Dunia ke-2 dan di dalamnya juga terdapat unsur anti-Japanese sentiment : perusahaan "Murder Inc" yang menghimbau : it does not charge to kill "Japs".

Pesan saya bagi anda khususnya Orang Tua, dampingilah anak-anak anda ketika sedang menonton film kartun yang mungkin di dalamnya terdapat unsur-unsur kekerasan. Karena hal itu, bisa saja mengganggu mental dan jiwanya. Dampingi serta awasilah anak anda ketika menonton tv dan berilah ia arahan dan penjelasan yang baik juga jelas apa yang sedang ia tonton, sehingga anak anda dapat mengerti dan dapat mengetahui mana kartun yang baik untuk ditonton dan mana yang tidak layak untuk di tonton.

21 komentar:

  1. bacaan ini hanya untuk yg tidak mengerti maksud adanya kartun...
    teori evolusi? justru evolusi itu yg membuat animenya menarik...
    bedain dikitlah dunia asli sama anime

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang evolusi perlu tapi harus di lihat akan kedepannya.
      jangan hanya dilihat untuk satu pandang saja mengenai suatu hal.

      Hapus
  2. ini mah tergantung seseorang dalam menyikapinya percuma mau pemerintah melarang juga kalo internet mau jalan terus ini mah tergantung ortu mereka bagaiman cara mereka mendidik anak anak mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalau begitu pemerintah juga harus ikut serta dalam masalah untuk penayangan dan ortu juga harus mampu untuk menyikapi sesuatu yang di tayangkan oleh pertelevisian.

      Hapus
  3. yang komentar di atas karena belum punya anak jadi gak tau bagaimana resahnya orang tua dalam menjaga putra putrinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan namanya juga persiapan jadi harus ada rencana atau harus ada yang namanya suatu pemikiran yang luas

      Hapus
  4. Sangat disayangkan jika sebagian besar orang tua acuh terhadap tontonan anak mereka. jika anda jeli maka anda akan mengerti mengapa media tv sangat berpengaruh pada perkembangan psikis anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya,kalau itu benar tapi bukan hanya orang tua tapi pemerintah ikut serta juga dalam masalah penayangan, baik untuk anak,remaja dan dewasa.

      Hapus
  5. Orang yang percaya ini hanyalah orang bodoh!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan orang bodoh tapi kita harus mampu mengambil makna apa yang ditayangkan dan kalau bodoh itu ialah orang yang tidak beragama dan yang berakal.

      Hapus
  6. Yg Paling Ane Gak Terima Daripada threat di Atas Itu The Simpson Ama Family Guy Kenapa ?

    Itu Cartoon Rated 16+ ..
    Jokes Dalam Cartoon Nya Itu Khas Amerika ..

    Malahan Saya Berfikir Seharusnya NARUTO Ada Di List kenapa ? Karena TOBI Dan 3 Mata Baru Nya ITu agak2 Nya Dekat Zionis !!

    BalasHapus
  7. Dimasa depan kaya apa ya anime??? Ini dilarang, itu dilarang.
    ,

    BalasHapus
  8. Sebenarnya anak anak boleh menonton film kartun tersebut. Kita ambil yang positifnya aja bahwa adanya kartun tersebut untuk menghibur dan menambah imajinasi anak anak. Dan mungkin di film kartun tersebut terdapat pesan yang positif contoh: pada film pokemon; "jangan mudah menyerah, berjuanglah terus hingga kita dapat mencapai apa yang kita inginkan seperti Ash (Satoshi)"

    BalasHapus
  9. Saya ini lahir di zaman manusia berubah jdi super saiya
    Bukan di zaman manusia berubah jdi hewan hewanan
    Gw besar karna kartun meski tidak terlalu mendidik tpi bisa lah membangun kepribadian gw jdi lebih baik
    Klo anak zaman sekarang gk di kasi nonton kartun trus anak anak hrus nonton sinetron gtu ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat ternyata anda satu pemikiran... masa harus nonton sinetron yg ngajarin Cinta cintaan XP

      Hapus
  10. Saya setuju dengan artikel ini, tapi masih banyak film film yang belum dituliskan seperti teletubbies

    BalasHapus
  11. Saya setuju dengan artikel ini, tapi masih banyak film film yang belum dituliskan seperti teletubbies

    BalasHapus
  12. Perasaan gw dlu pas masih kecil nonton Tom n jerry g prnah mkir macem2,nonton warkop ad cew2nya pakek bikini jg kagak mikir macem2,gw pikir karna d kasih tau itu "porno" itu "kekerasan".akhirnya pnasaran dan cri tau+praktek klo anak jman skarang.cman lucu2an aja prasaan...ni yg ud jadi orng tua coba koreksi msa kecilmu,apa yg lu pkir pas nonton film2 d atas,negatifkah??just fun bro yg ad d otak kita wktu kita kecil

    BalasHapus

Visitors